book review · bumi · Gramedia pustaka utama · PT Gramedia Pustaka Utama · review buku · sinopsis buku · tere liye

Bumi – Tere Liye Book Review

“Apa pun yang terlihat, boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apa pun yang hilang, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban dari tempat-tempat yang hilang.” -Tere Liye

440 halaman

Novel Remaja

bumi 2

Sinopsis

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.

Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang.

My Review

Waktu melihat buku-buku karya Tere Liye, aku langsung tertarik dengan buku ini. Pertama, cover buku ini sangat menarik. Kedua, dari judulnya saja aku sudah kegirangan, karena menurutku entah kenapa Tere Liye lebih pandai membuat buku fantasi daripada romansa. Entahlah, menurutku buku fantasinya lebih membuatku penasaran. Ketiga, dari sinopsisnya saja cerita ini sangat menjanjikan.

Aku tidak bisa memprediksi bagaimana cerita buku ini sebelum membaca. Aku bingung apa hubungannya menghilang dengan bumi? Bagaimana cerita ini nanti? Bahkan aku sempat berpikir kalau cerita ini berakhir dengan Raib yang selalu memata-matai laki-laki yang ia suka dengan cara menghilang. Atau mungkin mengganti jawaban ulangan di kantor guru dengan cara menghilang. Banyak sekali pikiran-pikiran aneh yang terlintas.

Cerita buku ini adalah mengenai seorang gadis yang bernama Raib. Ia bisa menghilang jika menutup wajahnya dengan kedua tangannya. Orangtuanya tidak pernah menyadari hal ini dan tidak pernah ada orang yang tahu mengenai keistimewaan Raib. Karena hal-hal aneh mulai bermunculan, teman Raib bernama Ali menyadari bahwa ada hal yang aneh dengan temannya Ali.

Konflik dimulai disaat tiang listrik yang sedang diperbaiki di sekolah roboh dan banyak hal yang mengejutkan disini. Kalian pasti akan tercengang dan mulai merasa penasaran dan ingin terus membaca.

Aku tidak menyangka Tere Liye bisa membuat cerita semacam ini. Alur ceritanya juga sangat berbeda dengan buku Tere Liye lainnya yang pernah kubaca. Biasanya buku Tere Liye mempunyai alur maju mundur orang pertama. Buku kali ini benar-benar berbeda dari buku yang pernah kubaca.

Selain itu, di dalam buku ini tidak ada cerita mengenai kisah cinta atau semacamnya. Buku ini benar-benar menceritakan tentang kehidupan anak remaja yang sedang berpetualangan. Dan tampaknya, aku mulai menyamakan cerita ini dengan 5 sekawan. Seli, Ali, dan Raib terlihat sangat kompak dan aku menyukainya.

Buku Bumi adalah buku pertama, jadi mungkin wajar saja kalau penjelasannya belum lengkap. Aku sudah tidak sabar untuk membaca buku kedua, Bulan. Aku berharap di buku kedua akan ada penjelasan yang lebih jelas mengenai hal yang belum dijelaskan di buku pertama. Semoga buku kedua ini tidak mengecewakan.

bulan

Bagi kalian yang tidak menyukai buku romansa dan menyukai buku fantasi kalian wajib membaca buku ini. Buku ini bisa membantu kalian melewati liburan dan mengajak kalian pergi ke dimensi lain. 4 bintang untuk buku ini :3

Leave a Reply

