jenny han · novel remaja · penerbit spring · PS I still love you · PS I still love you review · Romance

P.S. I Still Love You review

ps

“I say, “In the contract we said we wouldn’t break each other’s hearts. What if we do it again?” Fiercely he says, “What if we do? If we’re so guarded, it’s not going to be anything. Let’s do it fucking for real, Lara Jean. Let’s go all in. No more contract. No more safety net. You can break my heart. Do whatever you want with it.”
Jenny Han, P.S. I Still Love You

353 halaman

Novel Remaja

Penerbit Spring

Sinopsis

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

My review

Pertama kalinya aku membaca sekuel buku dan aku benar benar puas dengan keduanya. Aku merasa buku pertama dan kedua sama sama memuaskan. Justru aku lebih menyukai buku kedua daripada pertama. Aku tidak bisa berhenti membaca buku ini. Buku ini benar benar sangat seru dan penuh dengan kejutan.

Aku memang tidak menyukai karakter Lara Jean di buku pertama (To All The Boys I Loved Before) Tetapi di buku kedua ini aku sangat menyukai Lara Jean. Aku juga menyukai karakter Margot. Buku kedua ini membuatku menyukai semua karakter yang ada di dalamnya.

Pada bagian awal cerita, buku ini menceritakan tentang anonybitch yang memposting video Lara Jean bersama peter sedang berciuman di pemandian air panas. Karena terhalang dengan gaun tidur Lara Jean, orang orang berpikiran bahwa mereka sedang berhubungan badan. Semua orang hampir melihat Lara Jean sebagai perempuan yang tidak polos lagi dan Peter berusaha melindungi Lara Jean dari komentar pedas orang orang itu.

Hal ini membuatku lebih menyukai karakter Peter. Menurutku semua hal yang dilakukan Peter untuk melindungi Lara Jean adalah perilaku yang sangat manis.

Setelah aku membaca dan membaca aku sampai pada bagian dimana Lara Jean bertemu dengan John Ambrose Mc Claren. pria yang pernah disukai Lara Jean semasa SMP.

Hal yang pertama kali muncul di pikiranku adalah “Lara Jean, seriously?” Aku tidak menyangka kalau John Mc Claren akan datang lagi dan aku mempunyai firasat buruk dengan kedatangannya. Aku tahu pasti John akan mendekati Lara Jean, Lara Jean akan menyukainya lagi dan yah, Peter. Malangnya Peter.

Bagian yang paling kusuka dari novel ini adalah bagian dimana mereka bermain assasins. Assasins mirip dengan permainan kucing kucingan. Semua orang memilih nama dari kertas-kertas di dalam topi, dan kau harus menepuk orang yang namanya terpilih untuk menyingkirkan orang itu dalam permainan. Setelah kau menepuk orang itu, kau harus menyingkirkan siapapun yang namanya ada pada mereka. Permainan ini melibatkan mengendap- endap dan bersembunyi. Permainan yang bisa dilakukan berhari hari.

Permainan ini membuat novel P.S I Still Love You menjadi lebih menegangkan. Banyak sekali kejadian lucu dan menegangkan saat mereka bermain permainan ini. Mereka terlihat sangat kekanak-kanakkan dan karena permainan ini juga yang membuatku lebih menyukai P.S I Still Love You daripada To All The Boys I Loved Before.

Setelah membaca lagi dan lagi ternyata firasatku benar. John mendekati Lara Jean dan Lara Jean juga tertarik dengannya.

Akhir buku ini juga tidak mengecewakan. Aku akan memberikan 5 bintang  untuk sekuel buku ini. Buku ini akan menjadi buku favoritku sepanjang masa….

Dan aku benar benar berterimakasih dengan tokoh Genevieve dan juga John. Mereka berdua yang membuatku terus terusan membaca buku ini dan ingin cepat cepat mengetahui akhir ceritanya. “Lara jean akan bersama Peter bukan?” “Peter tidak akan pernah bersama Genevieve lagi bukan?” Aku benar benar penasaran dengan semua itu.

Aku sangat sangat merekomendasikan kalian untuk membaca buku ini. Aku jamin kalian pasti akan tersenyum- senyum sendiri ketika membaca. ^^

Leave a Reply

