jenny han · novel remaja · penerbit spring · Romance · to all the boys i've loved before · to all the boys I've loved before review · Uncategorized

To All The Boys I’ve Loved Before review

 

tatbilb

“You’d rather make up a fantasy version of somebody in your head thanbe with a real person.”
Jenny Han, To All the Boys I’ve Loved Before

378 halaman

Novel remaja

Penerbit Spring

Sinopsis 

Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.
Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai, totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.
Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan, entah oleh siapa.
Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya, termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.
My Review
Pertama tama aku ingin bilang bahwa aku benar benar sudah jatuh cinta dengan novel ini! Novel ini bisa membuatku masuk ke dalam cerita dan mampu mengikat emosiku. Aku benar benar menyukai karakter novel ini. Tidak, lebih tepatnya aku sangat menyukai karakter Peter Kavinsky. Ketika membaca buku ini aku bisa tersenyum sendiri dan tertawa sendiri seperti orang yang mempunyai penyakit jiwa.

Sudah lama sekali aku tidak membaca novel seperti ini. Novel yang bisa membuatku tertawa dan merasakan manisnya jatuh cinta. Novel ini benar benar membuatku jatuh cinta dengan Peter Kavinsky.

Ketika baru membaca buku ini (100 halaman awal) aku tidak menyukai satu karakter pun yang ada di dalamnya. Aku tidak menyukai Lara Jean. Menurutku Lara terlalu kekanak-kanakkan dan drama queen. Bahkan sampai aku selesai membaca buku ini pun aku masih tidak menyukai Lara Jean. Jangan tanya aku apa alasannya. Karena aku juga tidak tahu.


Josh, aku tidak menyukai karakter ini pada awalnya. Pertama kali aku melihat nama Josh  mengetahui bahwa dia adalah pacar Margot dan orang yang disukai Lara Jean, aku langsung mempunyai firasat buruk dengan karakter ini. (Dan ternyata firasatku itu memang benar)


Sampai akhirnya Peter Kavinsky datang dan akhirnya aku memutuskan kalau karakter favoritku adalah Peter Kavinsky. Menyenangkan sekali melihat Lara Jean berhubungan dengan Peter. Mereka terlihat sangat manis dan aku sangat kagum dengan Jenny Han. Jenny Han mampu membuat cerita yang manis dan romantis. Jenny Han juga bisa membuat cerita yang bertema sangat biasa menjadi menakjubkan.

Aku juga menyukai cara Jenny Han membuat karakter Peter. Aku kagum karena akhirnya aku menemukan karakter novel yang tidak sempurna dan mempunyai banyak kekurangan tapi karakter ini mampu membuatku jatuh cinta. Yang membuat novel ini lebih menarik lagi adalah Jenny Han menyelipkan cerita tentang kekeluargaan. Aku sempat merasa terharu saat membaca bagian dimana Lara Jean dan Margot berkelahi, dan pada akhirnya mereka bermaaf-an karena mereka adalah saudara.


Di akhir novel ini aku memutuskan, karakter favoritku adalah Peter Kavinsky dan juga Kitty. Kitty adalah seorang gadis kecil yang bisa dibilang sedikit manja dan sangat manis. Aku menyukai karakter Kitty ketika ia mengaku bahwa yang mengirim surat itu adalah dirinya. Entah kenapa aku melihat karakter Kitty yang sangat “innocent” dan hal itu sangat menggemaskan.

Aku merekomendasikan buku ini bagi kalian yang menyukai cerita romance tetapi tidak begitu serius dan bisa meluluhkan hati. Cerita ini sangat manis dan setiap adegan di dalam buku ini akan memberikan kesan yang mendalam. Selamat membaca  🙂

Leave a Reply

